2/20/2010

PPM dan PPB

Definisi serta konversi PPM (Part Per Million) dan PPB (Part Per Billion)


Definisi dan konversi PPM (Part Per Million)

PPM (Part per Million) atau bagian per sejuta bagian adalah satuan konsentrasi yang sering digunakan dalam cabang kimia analisa. Satuan ini sering digunakan untuk menunjukkan kandungan suatu senyawa dalam suatu larutan misalnya kandungan garam dalam air laut, kandungan polutan dalam sungai, atau biasanya kandungan yodium dalam garam.


ppm = jumlah bagian spesies / satu juta bagian sistem dimana spesies itu berada

Lebih gampangnya ppm adalah satuan konsentrasi yang dinyatakan dalam satuan mg/Kg karena 1 Kg = 1.000.000 mg. Untuk satuan yang sering dipergunakan dalam larutan adalah mg/L, dengan ketentuan pelarutnya adalah air sebab dengan densitas air 1 g/mL maka 1 liter air memiliki massa 1 Kg.

Contoh, kandungan Pb dalam air sungai adalah 20 ppm artinya dalam setiap 1 Kg air sungai terdapat 20 mg Pb. Kandungan karbon dalam baja adalah 5 ppm artinya dalam 1 Kg baja terdapat 5 mg karbon.

Definisi dan konversi PPB (Part Per Billion)

Bagian per miliar (ppb) adalah jumlah unit massa sebuah kontaminan per 1000 juta unit dari total massa. PPB digunakan untuk mengukur konsentrasi suatu kontaminan dalam tanah dan sedimen, dalam kasus 1 ppb sama dengan 1 μg per kg zat padat (μg / kg). Selain itu, ppb digunakan untuk menggambarkan konsentrasi kecil dalam air, di mana kasus 1 ppb adalah setara dengan 1 μg / L karena satu liter air beratnya kurang lebih 1.000.000 μg dan ppb juga sering digunakan untuk menggambarkan konsentrasi kontaminan di udara (sebagai fraksi volume), dalam kasus ini konversi ppb untuk μg / m 3 tergantung pada berat molekul dari kontaminan.


Kesimpulan :

1 micro-g/L = 0.001 ppm
1 micro-g/m3 = 0.000001 juta ppm = 1 ppb (part per billion)
Di mana : 1 m3 = 1000 L


Sumber:
Anonim. 2008. Definisi PPM (Part Per Million) atau Bagian per Sejuta Bagian. http://belajarkimia.com/definisi-ppm-part-per-million-atau-bagian-per-sejuta bagian/. Diakses tanggal 15 Februari 2010.

Anonim. 2009. Bagian per miliar. http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.greenfacts.org/glossary/pqrs/parts-per-billion.htm. Diakses tanggal 15 Februari 2010.

0 komentar:

Posting Komentar